Rabu, 19 Agustus 2009


TUGAS XII IPS
WILAYAH BADUY TETAP DILARANG DIJADIKAN OBYEK WISATA
Wialayah perkampungan suku baduy di Kabupaten Lebak, Propinsi Banten tetap dijadikan dilarang dijadikan obyek wisata bagi orang luar baduy kecuali datang untuk sekedar saba atau duluran(silahturahmi)
Kita hanya diijinkan orang masuk ke kampung kami untuk sekedar saba saja. kalau dijadikan tempat rekreasi apalagi dijadikan obyek wisata kita larang, Kata kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwi Damar , kabupaten Lebak , Jaro Dainan di Serang . jaro dainah mengatakan itu berkaitan dengan adanya keinginan pemerintah daerah setempat untuk dijadikan perkampungan baduy sebagai salah satu tempat wilayah.
Jaro mengatakan itu di sela-sela seminar Nasional " mensejahterakan masyarakat Baduy Melalui Perlindungan terhadap Tradisi, Adat, mereka "
Menurut penduduk Baduy selama ini sudah banyak masalah timbul dari banyaknya kunjungan-kunjungan warga luar yang membawa pengaruh terhadap lingkungan masyarakat maupun alamnya .
Jika dibiarkan terus menerus akan berdampak terhadap terhadap kelestarian alam,sumber alam , air dan hutan lindung.saat ini sudah ada dampak negatifnya.
Dampak lain yang ditimbulkan jika dijadikan obyek wisata bagi warga baduy yaitu dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku masyarakat baduy termasuk budaya-budaya luar yang sudah banyak ditiru seperti cara berpakain.
Setelah membaca artikel diatas jawab pertanyaannya:
1. Menurut anda apakah perubahan sosial budaya terjadi dalam masyarakat Baduy ? kasi penjelasannya .
2. Apakah faktor pendukung dan faktor penghalang terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat baduy.
3. Apakah masyarakat Baduy perlu mengalami perubahan budaya ? Bagaimana dampaknya bagi masyarakat tersebut ? Berikanlah pendapat Anda.

Tugas ini dikumpul tanggal 26 Agustus 2009 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar