Sabtu, 04 Februari 2012


Telah di Temukan Sebuah Planet Yang di Duga Bisa Di Huni


Sebuah kelompok ilmuwan internasional saat ini telah menemukan planet bumi super yang di duga bisa di huni dan mengorbit di lingkup bintang yang dekat, demikian penelitian yang disiarkan dalam Astrophysical Journal Letters, pada hari kamis.
Waktu orbit dari planet tersebut sekitar 28 hari dan massa paling kecilnya adalah 4,5 kali di bumi, serta jalur planet ini berada di dalam ruang lingkup “kawasan bintang yang bisa di huni” dimana bersuhu tidak terlalu panas ataupun tidak terlalu dingin bagi cairan di permukaan planet tersebut, kata Xinhua.
Para peneliti menemukan beberapa jumlah bukti mengenai setidaknya satu atau mungkin dua bahkan tiga palnet tambahan yang mengelilingi bintang dengan jarak sekitar 22 tahun cahaya dari bumi.


Tim tersebut terdiri dari beberapa orang ilmuwan asal Universitas California, ada ahli perbintangan Santa Cruz (UCSC) bernama Steven Vogt dan Eugenio Rivera serta dipimpin oleh Guillem Anglada-Escud serta Paul Butler dari Institusi Ilmu Pengetahuan Alam Carnegie.
Penemuan tersebut menandakan bahwa adanya kemungkinan adanya planet yang dapat di huni bisa terjadi di tingkat lingkungan yang lebih luas ketimbang yang di percayai sebelumnya.
Bintang utama planet yang dijuluki GJ 667C tersebut merupakan bintang kecil tingkat M.
Dua bintang lainnya di sistem tri-bintang (GJ 667 AB) yang merupakan sepasang bintang kerdil berwarna jingga tingkat K dengan inti zat yang beratnya hanya sebesar 25 persen dari matahari kita.
Unsur tersebut merupakan tumpuan pembentukan sejumlah planet di jagat raya sehingga di anggap tidak mungkin bagi sistem bintang yang mengandung sedikit logam memiliki planet bermassa rendah.
“Hal itu sepertinya diharapkan menjadi bintang yang tidak biasa yang memiliki planet. Namun mereka ada disana di dekat lingkup sekitarnya dan menjadi contoh bintang yang kebanyakan mengandung sedikit unsur logam di galaksi kita,” kata Vogt yang juga menjadi Profesor Astronomi dan Astrofisika di UCSC.
Penemuan planet tersebut dengan jarak yang dekat dan waktu yang cepat menjelaskan bahwa galaksi bima sakti pasti dipenuhi dengan miliaran planet berbatu yang kemungkinan dapat dihuni, kata Vogt.
dirilis kembali ..................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar