Model Kurikulum dan Pembelajaran
Salah
satu tugas Pusat Kurikulum dan Perbukuan adalah melaksanakan
pengembangan model-model kurikulum dan pembelajaran pada berbagai satuan
pendidikan untuk menunjang terlaksananya Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan.Model-model yang perlu
dikembangkan di antaranya adalah pembelajaran pada program pendidikan
dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus dan pendidikan non formal,
seperti yang diamanatkan oleh UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional pasal 36 ayat 2.
Model
kurikulum dan pembelajaran suatu satuan pendidikan memiliki ciri dan
karakteristik yang disesuaikan kondisi, situasi, dan kebutuhan peserta
didik, satuan pendidikan serta budaya setempat. Model kurikulum ini
dapat dijadikan acuan, referensi atau inspirasi bagi satuan pendidikan
sejenis atau satuan pendidikan lain untuk mengembangkan kurikulum
melalui proses adaptasi, adopsi, elaborasi maupun inovasi sehingga
menghasilkan kurikulum yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan efektif
untuk diimplemetasikan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan.
Pada tahun 2013, pengembangan
model kurikulum dan pembelajaran ditekankan pada model kurikulum untuk
mencapai kompetensi inti satuan pendidikan dengan pendekatan belajar
aktif, berwawasan kewirausahaan, untuk membentuk daya saing dan karakter
bangsa serta dengan karakteristik yang disesuaikan kondisi, kebutuhan,
potensi, demografis, geografis dan sosial budaya daerah.
Model Kurikulum dan Pembelajaran yang dikembangkan pada tahun 2013, antara lain:
a. Model Sarana Pembelajaran,
Model
yang dapat digunakan oleh satuan pendidikan dalam mengembangkan sarana
dan prasarana pendukung pembelajaran yang murah, efektif, inovatif untuk
mendukung pembelajaran yang berkualitas sesuai standar nasional
pendidikan dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan daerah dan sekolah serta mendukung implementasi kurikulum 2013.
b. Model Bahan Ajar Dikdasmen
Model
yang dapat digunakan oleh satuan pendidikan dalam mengembangkan bahan
ajar yang murah, efektif, inovatif untuk mendukung pembelajaran yang
berkualitas sesuai standar nasional pendidikan dan sesuai dengan kondisi
dan kebutuhan daerah dan sekolah.
c. Model Kurikulum Satuan PAUD/Dikdasmen
Model yang dapat digunakan oleh satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum yang sesuai standar
nasional pendidikan dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan daerah dan sekolah.
nasional pendidikan dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan daerah dan sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar