Kamis, 05 Desember 2013


Model Kurikulum dan Pembelajaran  


Salah satu tugas Pusat Kurikulum dan Perbukuan adalah melaksanakan pengembangan model-model kurikulum dan pembelajaran pada berbagai satuan pendidikan untuk menunjang terlaksananya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Model-model yang perlu dikembangkan di antaranya adalah pembelajaran pada program pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus dan pendidikan non formal, seperti yang diamanatkan oleh UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 36 ayat 2.

Model kurikulum dan pembelajaran suatu satuan pendidikan memiliki ciri dan karakteristik yang disesuaikan kondisi, situasi, dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan serta budaya setempat. Model kurikulum ini dapat dijadikan acuan, referensi atau inspirasi bagi satuan pendidikan sejenis atau satuan pendidikan lain untuk mengembangkan kurikulum melalui proses adaptasi, adopsi, elaborasi maupun inovasi sehingga menghasilkan kurikulum yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan efektif untuk diimplemetasikan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan.

Pada tahun 2013, pengembangan model kurikulum dan pembelajaran ditekankan pada model kurikulum untuk mencapai kompetensi inti satuan pendidikan dengan pendekatan belajar aktif, berwawasan kewirausahaan, untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa serta dengan karakteristik yang disesuaikan kondisi, kebutuhan, potensi, demografis, geografis dan sosial budaya daerah.

Model Kurikulum dan Pembelajaran yang dikembangkan pada tahun 2013, antara lain:
a.      Model Sarana Pembelajaran,
Model yang dapat digunakan oleh satuan pendidikan dalam mengembangkan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran yang murah, efektif, inovatif untuk mendukung pembelajaran yang berkualitas sesuai standar nasional pendidikan dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan daerah dan sekolah serta mendukung implementasi kurikulum 2013.
b.      Model Bahan Ajar Dikdasmen
Model yang dapat digunakan oleh satuan pendidikan dalam mengembangkan bahan ajar yang murah, efektif, inovatif untuk mendukung pembelajaran yang berkualitas sesuai standar nasional pendidikan dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan daerah dan sekolah.
c.      Model Kurikulum Satuan PAUD/Dikdasmen
      Model yang dapat digunakan oleh satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum yang sesuai standar 
      nasional pendidikan dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan daerah dan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar